Salam,
Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Ibu yang telah mengirimkan abstrak ke SeminarInternasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UIN SyarifHidayatullah Jakarta. Berdasarkan hasil review dari tim seleksi abstrak, makaabstrak yang masuk dibagi menjadi 3 kategori. Berikut kami sampaikan 3 kategoriyang telah diputuskan oleh tim seleksi, yaitu:
A. Lolos prosiding dan presentasi
B. Lolos prosiding
C. Lolos untuk jurnal.
Demikianpengumuman abstrak kami sampaikan.Untuk seluruh kategori, kami tunggu tulisanlengkapnya sampai 4 Oktober 2014. Adapun pendaftaran dapat dilakukan denganmembayar via rek. BRI: 0019-01-048500-50-6 a.n. Novi Diah Haryanti.
Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terimakasih. Sampai bertemu di Seminar Internasional PBSI UIN Syarif HidayatullahJakarta 4-6 November 2014.
Wasalam.
Panitia Seminar Internasional
Jurusan Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia
Gd. FITK Lt.5 UIN SyarifHidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda, N0.95, CiputatTangerang Selatan
DAFTAR ABSTRAK
SEMINAR INTERNASIONAL PBSI UIN JAKARTA
B. LOLOSPROSIDING
1. Implementasi Lokalitas Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Wikanengsih
STKIP Siliwangi Bandung
2. Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Afiyati Handayu Diyah Fitriyani
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. Pembelajaran Multikultural Sastra Indonesia lewat Pembacaan Interdisplin dan Interagama Subur Laksmono Wardoyo, Ph.D.
Universitas PGRI Semarang
4. Berkomunikasi dalam Dunia Maya (Kajian Budaya dan Karakter Bangsa)
Drs. Dede Hasanudin, M.Hum.
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)
5. Muatan Kearifan Lokal Sunda dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian Mahasiswa di Universitas Padjajaran
R. Yudi Permadi, M.Pd.
Universitas Padjadjaran Bandung
6. Alih Kode Bahasa Indonesia ke Bahasa Minang dalam Keluarga Muda di Padang
Rita Novita, M.Hum.
Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat
7. Kedwibahasaan dalam Junior Masterchef Musim Pertama: Kajian Sosiolinguistik
Prima Hariyanto
Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung
8. Memperkaya Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Memperkenalkan Terminologi Sekitar Candi dan Narasi Jawa Kuna Dr. Hartini, M. Hum.
Universitas Sebelas Maret Surakarta
9. Perubahan Ideologi Kepriyayian Jawa:dari Tradisional ke Modern dalam Novel ParaPriyayidan Jalan Menikung Karya Umar Kayam
Permadi Hendra Lesmana, S.Pd.
Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK-PBSI)
10. Oedipus Vs Sangkuriang
Ridzky F.F.F.S.H. Haas
11. Warna Lokal dalam Novel Kasongan Karya Satmoko Budi Santoso dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA.
Seli Mauludani, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia (Pascasarjana)
C. LOLOS JURNAL DIALEKTIKA
(JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIAUIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA). Pendidikan Kebudayaan sebagai Strategi Persatuan Keragaman Budaya Indonesia Johan Aristya Lesmana, S.Pd.
Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK/ PBSI)
2. Pemilihan Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal
Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd., M.Pd.
Universitas Suryakancana Cianjur
3. Model Participatory Multiple Intelligences (PARMI) untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah
Khabib Sholeh
Universitas Muhammadiyah Purworejo (FKIP/ PBSI)
4. Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara
Asep Juanda
Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat
5. Pemakaian Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Afiati Handayu Dyah Fitriyani
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
6. Peranan Interaksi Komunikasi Masyarakat Adat Lampung Say di Desa Cikoneng Kecamatan Anyar Kabupaten Serang Banten
Nurhadi
AMIK BSI Tangerang
7. Campur Kode dalam Proses Belajar Mengajar pada Jurusan Linguistik Universitas Pendidikan Indonesia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Desy Listyaningrum, S.Pd.
Universitas Pendidikan Indonesia
8. Kekayaan Lokal Batik Tionghoa sebagai Cermin dalam Pengembangan Sastra Indonesia
Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Universitas Sebelas Maret Surakarta
9. Peranan Sastra Indonesia dalam Membangun Keragaman Budaya: Perspektif Sejarah
WildaFizriyani
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK/ PBSI)
10. Keragaman Budaya dalam Sastra Memanusiakan Peserta Didik dalam Era Indonesia Modern
Zulfitriyani, S.S.,M.Pd.
STKIP PGRI Sumatera Barat
11. Keragaman Budaya Dalam Karya Sastera Brunei Moden: Pembicaraan Khusus Kepada Novel Dan Cerpen
Dr. Morsidi
Negara Brunei Darussalam
12. Dida dan kada dalam Bahasa, Agama, serta Keragaman Budaya
Dr. ir. H. Roikhan, M.A., M.M.
IESP FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Ibu yang telah mengirimkan abstrak ke SeminarInternasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UIN SyarifHidayatullah Jakarta. Berdasarkan hasil review dari tim seleksi abstrak, makaabstrak yang masuk dibagi menjadi 3 kategori. Berikut kami sampaikan 3 kategoriyang telah diputuskan oleh tim seleksi, yaitu:
A. Lolos prosiding dan presentasi
B. Lolos prosiding
C. Lolos untuk jurnal.
Demikianpengumuman abstrak kami sampaikan.Untuk seluruh kategori, kami tunggu tulisanlengkapnya sampai 4 Oktober 2014. Adapun pendaftaran dapat dilakukan denganmembayar via rek. BRI: 0019-01-048500-50-6 a.n. Novi Diah Haryanti.
Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terimakasih. Sampai bertemu di Seminar Internasional PBSI UIN Syarif HidayatullahJakarta 4-6 November 2014.
Wasalam.
Panitia Seminar Internasional
Jurusan Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia
Gd. FITK Lt.5 UIN SyarifHidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda, N0.95, CiputatTangerang Selatan
DAFTAR ABSTRAK
SEMINAR INTERNASIONAL PBSI UIN JAKARTA
B. LOLOSPROSIDING
1. Implementasi Lokalitas Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Wikanengsih
STKIP Siliwangi Bandung
2. Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Afiyati Handayu Diyah Fitriyani
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. Pembelajaran Multikultural Sastra Indonesia lewat Pembacaan Interdisplin dan Interagama Subur Laksmono Wardoyo, Ph.D.
Universitas PGRI Semarang
4. Berkomunikasi dalam Dunia Maya (Kajian Budaya dan Karakter Bangsa)
Drs. Dede Hasanudin, M.Hum.
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)
5. Muatan Kearifan Lokal Sunda dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian Mahasiswa di Universitas Padjajaran
R. Yudi Permadi, M.Pd.
Universitas Padjadjaran Bandung
6. Alih Kode Bahasa Indonesia ke Bahasa Minang dalam Keluarga Muda di Padang
Rita Novita, M.Hum.
Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat
7. Kedwibahasaan dalam Junior Masterchef Musim Pertama: Kajian Sosiolinguistik
Prima Hariyanto
Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung
8. Memperkaya Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Memperkenalkan Terminologi Sekitar Candi dan Narasi Jawa Kuna Dr. Hartini, M. Hum.
Universitas Sebelas Maret Surakarta
9. Perubahan Ideologi Kepriyayian Jawa:dari Tradisional ke Modern dalam Novel ParaPriyayidan Jalan Menikung Karya Umar Kayam
Permadi Hendra Lesmana, S.Pd.
Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK-PBSI)
10. Oedipus Vs Sangkuriang
Ridzky F.F.F.S.H. Haas
11. Warna Lokal dalam Novel Kasongan Karya Satmoko Budi Santoso dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA.
Seli Mauludani, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia (Pascasarjana)
C. LOLOS JURNAL DIALEKTIKA
(JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIAUIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA). Pendidikan Kebudayaan sebagai Strategi Persatuan Keragaman Budaya Indonesia Johan Aristya Lesmana, S.Pd.
Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK/ PBSI)
2. Pemilihan Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal
Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd., M.Pd.
Universitas Suryakancana Cianjur
3. Model Participatory Multiple Intelligences (PARMI) untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah
Khabib Sholeh
Universitas Muhammadiyah Purworejo (FKIP/ PBSI)
4. Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara
Asep Juanda
Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat
5. Pemakaian Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Afiati Handayu Dyah Fitriyani
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
6. Peranan Interaksi Komunikasi Masyarakat Adat Lampung Say di Desa Cikoneng Kecamatan Anyar Kabupaten Serang Banten
Nurhadi
AMIK BSI Tangerang
7. Campur Kode dalam Proses Belajar Mengajar pada Jurusan Linguistik Universitas Pendidikan Indonesia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Desy Listyaningrum, S.Pd.
Universitas Pendidikan Indonesia
8. Kekayaan Lokal Batik Tionghoa sebagai Cermin dalam Pengembangan Sastra Indonesia
Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Universitas Sebelas Maret Surakarta
9. Peranan Sastra Indonesia dalam Membangun Keragaman Budaya: Perspektif Sejarah
WildaFizriyani
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (FITK/ PBSI)
10. Keragaman Budaya dalam Sastra Memanusiakan Peserta Didik dalam Era Indonesia Modern
Zulfitriyani, S.S.,M.Pd.
STKIP PGRI Sumatera Barat
11. Keragaman Budaya Dalam Karya Sastera Brunei Moden: Pembicaraan Khusus Kepada Novel Dan Cerpen
Dr. Morsidi
Negara Brunei Darussalam
12. Dida dan kada dalam Bahasa, Agama, serta Keragaman Budaya
Dr. ir. H. Roikhan, M.A., M.M.
IESP FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar